do you know???

Diposting oleh dwiemulya Minggu, 05 Desember 2010




Kopi Arabika dan Kopi Robusta

          Meski di seluruh dunia ada sekitar 70 spesies pohon kopi, dari yang berukuran seperti semak belukar hingga pohon dengan tinggi 12 meter, namun hanya ada dua spesies pohon kopi yang secara umum dikenal untuk diproduksi sebagai produk kopi. Kedua spesies ini digunakan untuk produksi sekitar 98 persen produksi kopi dunia. Apa sajakah itu? Kopi yang pertama kali dikembangkan di dunia adalah Kopi Arabika yang berasal dari spesies pohon kopi Coffea arabica. Kopi jenis ini yang paling banyak diproduksi, yaitu sekitar lebih dari 60 persen produksi kopi dunia. Kopi arabika dari spesies Coffea arabica menghasilkan jenis kopi yang terbaik. Pohon spesies ini biasanya tumbuh di daerah dataran tinggi. Tinggi pohon kopi ini antara 4 hingga 6 meter. Kopi arabika memiliki kandungan kafein tidak lebih dari 1,5 persen serta memiliki jumlah kromosom sebanyak 44 kromosom.
          Pohon kopi spesies lainnya yang juga cukup banyak diproduksi sebagai produk kopi adalah Coffea canephora yang sering dikenal sebagai Kopi Robusta. Tinggi pohon Coffea canephora mencapai 12 meter dan dapat ditanam di daerah yang lebih rendah dibanding kopi arabika. Kopi robusta biasanya digunakan sebagai kopi instant atau cepat saji. Kopi robusta memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi, rasanya lebih netral, serta aroma kopi yang lebih kuat. Kandungan kafein pada kopi robusta mencapai 2,8 persen serta memiliki jumlah kromosom sebanyak 22 kromosom. Produksi kopi robusta saat ini mencapai sepertiga produksi kopi seluruh dunia.
wwwoooowwww ,,
Indonesia juga salah satu pengekspor kopi loohh ...

eeeiiittssssss.....baca yang ini jugaaaa
          Meski minum kopi sungguh nikmat, namun minuman ini sering memunculkan berbagai dilema. Beberapa penelitian menunjukkan bahaya dari minum kopi. Bahkan pada jaman dahulu, di Timur Tengah, kopi sempat menjadi minuman yang haram karena sering menimbulkan efek negatif. Apa saja bahaya dari kopi yang nikmat ini?
Konsumsi kopi telah dikenal begitu luas dewasa ini, dan berbagai peringatan dari para ahli telah berulang kali diungkapkan selama bertahun-tahun terhadap banyaknya bahaya yang mengancam para peminum kopi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para penggemar kopi harus mewaspadai bahaya yang bisa timbul dari kebiasaan minum kopi mereka. Bahaya tersebut antara lain penyakit jantung, diabetes dan bahkan beberapa jenis kanker. Meski demikian, banyak orang mengabaikan peringatan ini. Mengapa?
           Selama beberapa tahun belakangan ini, para peneliti telah mempublikasikan hasil penelitian mereka mengenai akibat minum kopi. Namun kesimpulan yang dibuat para peneliti ini belum sampai ke kesimpulan yang meyakinkan. Mengapa? Karena biasanya para peneliti hanya meneliti bahaya dari kafein, salah satu dari 500 kandungan kimia alami dalam secangkir kopi. Jadi sebenarnya penelitian terhadap kopi memang masih belum final dan masih jauh lebih kompleks.
Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek stimulan yang cukup berbahaya. Kafein dapat menyebabkan seseorang sulit tidur. Kafein juga menyebabkan seseorang sulit mengendalikan emosi serta sulit berkonsentrasi. Kafein juga diindikasikan bisa memicu kanker.
            Sebuah penelitian di Belanda menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan kolesterol hingga 10 persen. Khususnya jika kopi yang diminum tanpa disaring dan langsung dipanaskan. Kolesterol sendiri dikenal sebagai penyebab gangguan jantung. Seorang ahli nutrisi dari Inggris merekomendasikan untuk minum kopi yang segar dan bukan kopi yang sudah diolah, dipanaskan dan dididihkan selama beberapa waktu.
            Bagi para penggemar kopi, para ahli menyarankan untuk minum kopi secara wajar. Hindari minum lebih dari enam cangkir kopi dalam sehari. Bagi mereka yang mengalami gangguan jantung, gangguan ginjal dan tekanan darah tinggi sebaiknya minum kopi cukup satu cangkir sehari. Untuk wanita hamil dan menyusui, sebaiknya juga minum tidak lebih dari secangkir kopi sehari. Kopi memang nikmat, namun kesehatan jauh lebih penting dibanding menikmati kopi secara berlebih. Selamat menikmati secangkir kopi Anda!

Sumber:www.kumpulan.info.com

naaahhh ..
bagiii kitaaa yang sering minum kopi supaya tahan begadang ngerjain tugaas samaaa laporan yang numpuk mulai sekarang dikurangin deehhh !!!
sebaiknya kita mengkonsumsi secara wajar jangaaann tiap hri satu galon..hihihihi

36 komentar
  1. aphrodidud Said,

    emm.. kan ada tuh jenis2 kopi, kyk robusta, luwak,, dll.. nha, ada gag urut2an kandungan kafeinnya yang paling tinggi sampe ke yang rendah??

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 17.04

     
  2. apa ada kopi yang benar2 bisa bikin melek ? kok rasanya semua sama saja ya efeknya ?

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 17.16

     
  3. kenapakopiyang khususnya langsung diminum tanpa disaring dapat menyababkan kolesterol??

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 17.31

     
  4. Bean inc Said,

    saya bosan dengan rasa kopi yang gitu2 aja, apa mungkin ada kopi yang rasanya seperti buah?

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 17.35

     
  5. cinnong Said,

    kenapa kopi luwak mahal ya?

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 17.42

     
  6. aniymon Said,

    Kopi yang pahit itu [asti bikin melek gak sih?

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 17.53

     
  7. eh,,, kopi tu kan bahaya ya buat ibu hamil,,,, nah kamu isa jelasin lebih lanjut ga sist ttg itu,,,???? hehe... komen balik blog q ya sist,,, im waiting....

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 17.59

     
  8. Aninda Said,

    kalo kebanyakan minum kopi kok bikin perut mules ya?

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 18.03

     
  9. kopi robuska rasanya kaya gimana ?
    jadi penasaran..

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 18.04

     
  10. apa faktor utama yg menjadikan kopi yg satu berbeda dengan kopi yg lain?? (dalam hal rasa, dan aroma)
    pengolahan, atau lahan/media tanam, atau campurannnya??

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 18.11

     
  11. Anonim Said,

    macam macam pengolahan kopinya apa aja yaaa?
    hmmm penasaran jugaaaaaaaa

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 18.12

     
  12. cep agil Said,

    Terus bagai mana dengan kopi joss yang menggunakan arang?

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 18.17

     
  13. kenapa ya kebanyakan minum kopi bisa bikin gigi kuning?

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 18.20

     
  14. beda kopi robusta dan arabica apa say??

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 18.28

     
  15. katanya kalo kita minum kopi jadi ketagihan. caranya biar ga ketagihan gmana??

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 18.28

     
  16. apakah kopi ini dapat, menyebuhkan berbagai macam penyakit?

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 18.39

     
  17. katanya kopi nikmat ini berbahaya knapa masih dijual n emangnya didalamnya terdapat kandungan apa sehinnga berbahaya

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 18.40

     
  18. dwiemulya Said,

    @megaa : stau akuu gni sist Pada secangkir kopi kandungan kafein sekitar 80 sampai 125 miligram. Secangkir espreso atau kopi tubruk atau kopi saring sekitar 80 mg. Sedang dalam kopi instan sekitar 65 mg kafein.

    @yanis : tergntung sist..kdng emank ada kopi yg bkin melek ada jga yg gga,,trgntung orgx sih kdng mlah ada yg tetep melek wlpun ud mnum kopi stu galon..yyaahh klo emank ngantuk tiduurr ajaa sist,,lporanx tar d krjain klo ud bgun jd fresh..hhhaaa lgian trlalu bxk kopi jg gga baik :D

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 19.00

     
  19. Alkaloid kafein dalam kadar tertentu dapat menyebabkan ketegangan otot dan detak jantung yang cepat. Kadar seberapakah itu? jika dihitung dalam konsumsi harian, sberapakah konsumsi harian kopi yang menyehatkan.

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 19.07

     
  20. Tio Andito Said,

    bagaimana cara mengindikasikan kopi yang asli dan yang palsu? kadang ada kan? kok harga kopi dikafe lebih mahal kenapa? apa bedanya ya? hihi

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 19.14

     
  21. dwiemulya Said,

    @denok ; dri artikel yg akuu bca sih gni say,,

    Research Reports, sebuah buletin dari Organisasi Riset Ilmiah Belanda, mengatakan bahwa biji kopi mengandung senyawa peningkat kadar kolesterol, yang disebut kafestol.

    Ketika air panas dituangkan langsung pada kopi bubuk, kafestolnya akan keluar. Demikian juga halnya sewaktu kopi bubuk direbus di dalam air yang mendidih beberapa kali, misalnya pada kopi ala Turki, atau sewaktu saringan yang digunakan terbuat dari metal dan bukannya kertas, seperti pada mesin kopi ala Prancis. Jika tidak menggunakan saringan kertas, kafestol masih terkandung dalam seduhan kopi itu.

    @gobin: yyaaahh..stau aku rasa kopi mah emank gtu itulh cita rasa kopi,,tpi mngkn klo mau rsa buah tnggl d tmbahkn perasa buah blum prnh adaaa tuhh..bsa jd inovasi..hhheeee

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 19.15

     
  22. UuR Said,

    bagaimana dengan orang-orang yang sdah kecanduan kopi....?
    adakah treatmen penyembuhannya...?
    ato saran konsumsi yang baik untuk kesehatan tubuh....?

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 19.18

     
  23. dwiemulya Said,

    @cinnong : gnii say..
    yg buat kopi luwak it mahal proses produksix yg memakan wktu and biaya ..
    permintaan konsumen jga mmpengaruhi ,,
    kmu byangin aja klo kopi biasa kn d petik bru diolah,,nah klo kopi luawak kn alami tnggu si luwak it puupp..hhhaaa jdi yah mkan biaya n wktu..
    @bu aniii : hmm..gni,,kopi pahit sih emank bnyk yg blng ampuh buat qt meleeeekk..
    tpi it smua trgntung sma yg mnum kdng jga mau sepahit apapun tuh kopi klo ud ngantuk yah tdur..kdng jga ada yg mnum kopi sdkit trus meleekk truss..akuu jg sring ngalamin hal kyk gtu..hhheeee

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 19.21

     
  24. dwiemulya Said,

    @pikaa : gnii jeng,,
    Perempuan hamil yang mengonsumsi lebih dari 8 cangkir kopi setiap harinya memiliki risiko bayi lahir dalam keadaan meninggal dua kali lebih tinggi,sedangkan perempuan hamil yang mengonsumsi 3 cangkir kopi sehari berpotensi melahirkan bayi laki-laki dengan kondisi salah satu testisnya tidak turun ke skrotum.

    Namun jika bayi yang dikandungnya adalah perempuan, maka bisa menyebabkan bayi tersebut napas dan detak jantungnya lebih cepat di beberapa hari pertama kehidupannya. Sehingga memaksa orangtua dan petugas medis lebih berjaga-jaga terhadap kesehatannya.

    Kondisi yang membahayakan janin ini disebabkan karena kafein menyebabkan pembuluh darah mengecil, sehingga dapat mengurangi aliran darah ke plasenta. Kafein yang dikonsumsi ibu hamil juga akan mudah melewati plasenta dan bayi mencernanya sangat lambat, karenanya kafein secara langsung dapat mempengaruhi perkembangan sel-sel bayi.
    Karena itu sebaiknya ibu yang sedang mengandung membatasi konsumsi kopi selama hamil yaitu maksimal dua cangkir setiap hari atau tidak lebih dari 200 mg kafein setiap harinya.

    yaaahh,,buat ibu hamil lbih bgus klo mngkonsumsi air putih sma jus buah dripda kopi..

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 19.27

     
  25. dwiemulya Said,

    @nindaaa : hhaaa...kmu sring gtuu yyaah???
    iya deh kykx say,,
    kndungan kafeinx mngkin ngaruh ke lambung..
    jdi yah kdng qt mules2 gtu,,
    sbaikx sih kurangin mngkonsumsi kopi scra brlebihan..akuu sbnrx jgaa ska bgt ma kopi tp gga kcanduan kok :D

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 19.32

     
  26. kopi bikin gigi jadi kecoklatan. bisa diatasi gak ??

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 19.34

     
  27. dwiemulya Said,

    @tiaraa : akuu jga pnasaran sist,,
    ayoo qt ngopi barenk .. hhheee
    d tnguu :D

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 19.35

     
  28. ilovepads Said,

    penghasil kopi robusta terbaik dimana say?

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 19.42

     
  29. Ahmad Sukron Said,

    oh gitu to,,, tapi aku pingin punya perkebunan kopi gitu... emang pohon kopi bisa tumbuh di ketinggian berapa si?

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 19.54

     
  30. mba dwie . bedanya kopi arabika, robusta, luwak itu apa sih ?? trus yang mana yang punya manfaat paling baik dan paling buruk k tubuh

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 20.10

     
  31. Unknown Said,

    apa ya kendalanya Indonesia buat masarin kopi2 lokal kita ke mancanegara?/

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 20.22

     
  32. Bochi Said,

    apa keunggulan kopi arabica dan robusta sehingga produksinya dominan?

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 20.30

     
  33. Arabika ma robusta dilihat manfaatnya ma harumnya okean mana nih mbak mul??

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 20.52

     
  34. peterssan Said,

    sama kopi luwak bedanya apa ya??
    tp kok orang2 lebih tertarik pd kopi luwak ya??

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 21.54

     
  35. sebenernya apa sih keunggulan kopi arabika daripada kopi-kopi yg laennya?

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 21.56

     
  36. kopi itu ternyata banyak negatifnya ya mul? menurutmu gimana?

    Posted on 5 Desember 2010 pukul 23.02

     

Posting Komentar